Ini Langkah Memperoleh Kontribusi UKT dari Kemendikbud Ristek
Ini Langkah Memperoleh Kontribusi UKT dari Kemendikbud Ristek Sumber : assets.promediateknologi.com

Ini Langkah Memperoleh Kontribusi UKT dari Kemendikbud Ristek

Cair Mulai September 2021, Ini Langkah Memperoleh Kontribusi UKT dari Kemendikbud Ristek

Kementerian Pengajaran Kebudayaan Penelitian dan Tehnologi (Kemendikbudristek) akan salurkan kontribusi uang kuliah tunggal (UKT) untuk mengurangi beban mahasiswa yang terimbas wabah Covid-19. Hal itu dikatakan oleh Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam pertemuan jurnalis pengesahan kelanjutan Kontribusi Paket Data Internet dan UKT Tahun 2021 pada 4 Agustus 2021.

“Kontribusi UKT mengarah ke mahasiswa yang aktif kuliah, bukan yang menerima KIP Kuliah/ Bidikmisi, dan keadaan keuangannya membutuhkan kontribusi UKT pada semester ganjil tahun 2021,” kata Nadiem. Nadiem menjelaskan, peruntukan bujet untuk kontribusi UKT 2021 ialah Rp 745 miliar, yang bakal diteruskan langsung ke masing-masing perguruan tinggi negeri atau swasta.

BACA JUGA  Ini 10 Tipe Pekerjaan Paling Dicari, Prakerja Gelombang 18 2021

Dicairkan mulai September 2021

Nadiem menjelaskan, kontribusi UKT 2021 akan dicairkan mulai September 2021. Kontribusi UKT diberi sama sesuai besaran UKT (at cost), dengan batasan optimal Rp 2,empat juta. Bila UKT semakin besar dari Rp 2,empat juta, karena itu selisihnya jadi peraturan perguruan tinggi sama sesuai keadaan mahasiswa.

Nadiem menghimbau ke mahasiswa yang membutuhkan kontribusi UKT untuk selekasnya daftarkan diri ke pimpinan perguruan tinggi, untuk disodorkan sebagai yang menerima kontribusi ke Kemendikbudristek.

Langkah ajukan kontribusi UKT 2021
Mencuplik situs indonesia.go.id, 14 Agustus 2021, mahasiswa yang akan ajukan diri sebagai yang menerima kontribusi UKT 2021 harus penuhi syarat yang sudah diputuskan.

BACA JUGA  Alfamart Membuka Lowongan Kerja Alumnus SMA/SMK, D3, dan S1

Adapun syarat yang menerima kontribusi UKT 2021 yang sudah diputuskan oleh Kemendikbudristek ialah seperti berikut:

  • Kontribusi UKT cuman dapat diterima oleh mahasiwa yang aktif kuliah.
  • Mahasiwa yang dapat memperoleh kontribusi UKT bukan yang menerima KIP Kuliah.
  • Mahasiswa bukan yang menerima kontribusi beasiswa bidikmisi atau beasiswa dan kontribusi lain dari pemerintahan.
  • Keadaan keuangan mahasiswa benar-benar memerlukan kontribusi UKT untuk pembayaran di semester ganjil 2021.

Jika penuhi persyaratan yang sudah ditetapkan oleh Kemdikbudristek, karena itu mahasiswa dapat memperoleh kontribusi UKT dengan berikut ini:

  • Mahasiswa dapat ajukan diri atau daftar langsung ke pimpinan paling tinggi di perguruan tinggi.
  • Kemudian pimpinan paling tinggi perguruan tinggi atau faksi universitas akan ajukan daftar yang menerima kontribusi UKT ke Kemendikbudristek.
  • Jika mahasiwa yang didaftarkan dipastikan memiliki hak terima UKT, karena itu kontribusi akan diteruskan langsung oleh Kemdikbudristek ke perguruan tinggi.
BACA JUGA  Bersiap, BSU Rp 1 Juta Tahapan 2 untuk Karyawan Cair Minggu Depan

Pendistribusian kontribusi dipantau
Kemdikbudristek akan memberinya ancaman untuk perguruan tinggi yang tidak penuhi kewajiban kontribusi UKT. Ancaman berlaku bila diketemukan mahasiswa yang memiliki hak mendapatkan kemudahan UKT, tetapi tidak memperoleh haknya.

Bila diketemukan ada perguruan tinggi yang tidak ajukan kontribusi UKT sementara ada mahasiswa yang memerlukan, karena itu perguruan tinggi itu akan memperoleh ancaman berbentuk penalti performa yang berpengaruh pada peruntukan bujet dari pemerintahan.

Kemendikbudristek mengusahakan mekanisme advokasi berkaitan kemudahan UKT di cakupan perguruan tinggi.