5 Tips Investasi Emas Sebagai Penganekaragaman Asset
5 Tips Investasi Emas Sebagai Penganekaragaman Asset Sumber : bukalapak.com

5 Tips Investasi Emas Sebagai Penganekaragaman Asset

Di dunia investasi, ada istilah penganekaragaman asset.

Penganekaragaman asset sebagai taktik mengolah portofolio investasi ke sejumlah instrument investasi yang mempunyai tujuan untuk menyamakan resiko hingga imbal hasil yang diharap bisa terwujud.

Co-Founder dan CMO IndoGold Indra Sjuriah menjelaskan, tiap orang pasti mempunyai taktik penganekaragaman asset yang berbeda, karena pada intinya investasi sebagai hal yang individual. Menurutnya, emas yang sudah dikenali dari dulu sebagai investasi, sekarang masih menarik di mata warga.

Melakukan investasi emas berbentuk logam mulia dipandang memberinya keuntungan yang prospektif karena harga yang condong bertambah dan dipandang sebagai asset kelas yang aman. Oleh karenanya, mempunyai emas sebagai portofolio investasi dengan arah penganekaragaman asset bisa diperhitungkan.

BACA JUGA  Trik Membuat Usaha Online Anda Mencolok Dengan Jadi Off-line

Saat melakukan investasi penting untuk lakukan penganekaragaman asset karena tiap instrument investasi mempunyai resiko dan imbal hasil yang berbeda. Contoh simpelnya ialah jika kita sudah melakukan investasi dengan instrument investasi yang mempunyai resiko yang tinggi, karena itu perlu menambah instrument investasi lain dengan resiko yang rendah,terang Indra.

Disamping itu, lanjut Indra, emas sebagai instrument investasi dengan resiko yang termasuk rendah, bisa dipertambah dalam portofolio investasi hingga bisa menyamakan resiko. Ia juga memaparkan ada banyak panduan yang dapat dilaksanakan agar raih imbal hasil yang maksimal dari penganekaragaman emas.

Pertama ialah tentukan arah. Ia menerangkan, tiap lakukan investasi perlu untuk memutuskan arah dari dana yang dihimpun, misalnya dana perbaikan rumah, pengajaran anak atau pensiun.

BACA JUGA  5 Produk Bikin Promosi Terbaik untuk Meningkatkan Bisnis Anda

membujetkan sisihan dana dari pendapatan dengan teratur, terangnya.

Ke-2 , sesuaikan dengan umur dan profile resiko. Umur muda ialah saat yang pas untuk penumpukan kekayaan, seharusnya pilih profile resiko yang lebih agresif, sedang makin lansia pilih profile resiko yang lebih rendah.

Jika seorang investor mempunyai profile agresif, karena itu sebagian besar dana bisa ditaruh pada instrument investasi dengan resiko dan imbal hasil yang tinggi, selanjutnya bisa menyisihkan 10 % dari dana investasi untuk investasi emas. Sedang profile konvensional, bisa menyisihkan 30-40 % dari dana investasi untuk investasi emas, tuturnya.

Ke-3 , investasi emas untuk periode panjang. Menurutnya, harga emas memerlukan waktu lama supaya naik dengan berarti, hingga investasi emas pas sebagai investasi periode panjang.

BACA JUGA  Tips Design Berguna Untuk Roll Up Spanduk Stand

Indra menambah jika saat sebelum mengawali investasi, seharusnya mempunyai dana genting lebih dulu atau minimal bisa mempersiapkan dana genting dan investasi secara bertepatan tetapi disamakan kembali dengan keperluan dan keadaan keuangan.

Investasi emas masih disukai beberapa orang karena harga yang naik terus. Sekarang ini, harga emas batangan PT Bermacam Tambang (Persero) Tbk (Antam) hampir sentuh harga Rp 1 juta.

D’Gold Father dan CEO gudangemas.com. panduan investasi emas untuk beberapa investor pemula. Berikut tips-nya:

1. Tentukan Emas Batangan

Berbicara investasi, tentukan emas batangan. Mengapa emas batangan? karena menurut Herru, dalam harga emas perhiasan ada elemen biaya pembikinan yang jatahnya lumayan besar yaitu 20 % sampai 30 %. “Jika emas batangan itu kecil. Kecilnya spread di antara kita beli dan jual itu tidak besar hingga peningkatan harga emas sedikit kita bisa untung,”

BACA JUGA  Ingin Jadi Crazy Rich? Coba Jalani Salah Satu diantara 5 Bisnis Ini

2. Tentukan Sasaran atau Maksudnya

Investor pemula perlu memutuskan sasaran atau maksudnya. Umumnya arah orang pilih investasi emas untuk periode panjang. Kita ingin investasi emas itu untuk apa. Ada yang buat pergi haji, pengajaran, membeli rumah, buat nikah atau buat apa saja itu, anjuran dari saya tentukan maksudnya.

3. Tentukan Sasaran Waktu

Sesudah tentukan arah, cari info ongkos yang diperlukan untuk maksud itu. Jika sudah tahu sasarannya 60 gr, memiliki arti perlu waktu lima tahun atau 60 bulan. Memiliki arti 60 gr untuk 60 bulan, /bulan sasarannya satu gr.

4. Tidak Boleh Pikir Peralihan Harga Emas

Jika telah mempunyai arah dan sasaran yang terang, karena itu konsumer atau investor tak perlu pikirkan keadaan peralihan harga emas yang volatilitas.

BACA JUGA  6 Tips Supaya Bisnis Semakin Berkembang dari Waktu ke Waktu

5. Langkah Membeli Emasnya

Ada beberapa langkah untuk beli emas, dapat dengan pola membeli tunai, menyicil, membeli berbentuk fisik batangan emas, tetapi ada pula yang beli berbentuk digital.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci
Aplikasi Investasi Emas ,Tip Investasi Emas ,Keuntungan Investasi Emas Antam ,Keuntungan Investasi Emas ,Investasi Emas Pegadaian ,Investasi Emas Batangan ,Investasi Emas Batang ,Investasi Emas Adalah,Cara Investasi Emas Di Shopee ,Cara Investasi Emas Di Pegadaian ,Cara Investasi Emas Agar Untung ,Cara Investasi Emas ,Belajar Investasi Emas ,Tips Investasi Emas